Senin, 21 November 2011

Gajah terbesar di dunia adalah Gajah Indonesia?

Tahukah teman-teman tentang gajah terbesar di dunia? Ternyata, meski hanya berupa fosil, gajah terbesar di dunia ada di Indonesia. Tapi, sebelum kita menyelidiki gajah terbesar ini, ada baiknya kita mengenal Gajah secara umum terlebih dahulu.

Makanan

Teman-teman, kalau melihat tubuh Gajah yang gendut, bayangan pertama kita pasti Gajah suka sekali makan. Benar sekali. Setiap hari, Gajah menghabiskan waktu sekitar 16 jam hanya untuk mengumpulkan makanan!


Bahkan, Gajah dewasa bisa mengonsumsi sekitar 140 hingga 270 kg makanan per hari. Makanan Gajah didominasi oleh rumput. Selain rumput, Gajah yang termasuk hewan herbivor (pemakan tumbuhan) bisa menyantap apa saja dari tumbuhan, mulai dari buah, bunga, daun, bahkan ranting. Wah, sepertinya Gajah sangat rakus, ya?

Hmmm, jangan salah. Gajah hanya mencerna 40% makanan yang disantapnya. Artinya, kalau Gajah memakan 140 kg, yang dicerna cuma 56 kg. Coba tebak, untuk binatang seukuran Gajah, kira-kira 56 kg itu kurang atau cukup, ya?

Pandai Berenang

Oh ya, teman-teman pasti mengira Gajah adalah binatang yang lamban. Selain itu, Gajah pasti tidak mungkin bisa berenang dengan berat badan yang superjumbo itu.


Jangan salah. Meskipun sekilas tidak mungkin, ternyata Gajah adalah binatang berenang yang handal. Mereka bisa berenang selama 6 jam dan menempuh jarak hingga 50 kilometer!

Wah, bayangkan jika gajah-gajah menyeberangi Selat Sunda, “bertransmigrasi” dari Sumatra ke Jawa. Pasti menarik sekali.

Kehamilan yang Lama

Yang lebih mengagumkan, seekor ibu Gajah bisa hamil hingga kandungannya mencapai umur 22 bulan.. Kalau usia kehamilan ibu-ibu manusia dibandingkan dengan ibu Gajah, perbedaannya nyaris 1:3, ya?


Saat bayi Gajah lahir, tentu saja beratnya langsung “wah”. Beratnya mencapai 120 kg atau 40 kali lipat berat bayi manusia.

Kepunahan

Yang sedikit menyedihkan, sebenarnya banyak terdapat spesies Gajah di dunia ini sejak berjuta-juta tahun yang lalu. Namun, karena perubahan iklim dunia (kalian tahu zaman es?), kemampuan adaptasi, dan perburuan oleh manusia, sekarang cuma ada dua spesies Gajah, yaitu Gajah Asia dan Gajah Afrika.

Adapun gajah-gajah yang ada di Sumatra tentu saja dikategorikan sebagai Gajah Asia. Lalu, bagaimana dengan fosil gajah terbesar tadi?


Kalian pasti tahu Mammoth, salah satu spesies Gajah. Nah, salah satu fosil mammoth terbesar, yang umurnya sudah lebih dari 200.000 tahun lalu, ditemukan di Indonesia. Kira-kira ratusan ribu tahun lalu, ketika Indonesia masih bersatu dengan daratan Asia, mammoth-mammoth ini bisa dengan mudah bergerak dari Cina ke Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar