Jumat, 02 Desember 2011

Cara Install ulang Windows di Netbook Pakai FlashDisk, tanpa DVD Eksternal / external Optical Drive

Tips and Trick Install ulang Windows di Netbook Pakai FlashDisk, gak perlu pake DVD Eksternal / external Optical Drive

Preface:

Selama ini sudah kesekian kalinya saya ditanyai teman, punya “dvd eksternal gak? mau buat nginstall ulang netbook”…

Saya jawab , waduh gak punya… Pernah sih waktu itu punya dvd eksternal mac, tp itu gak bisa jg buat nginstall ulang netbook
utk OS windows, dvd eksternal mac cuma mau buat puter dvd di mac atau bisa jg puter windows pake vmware/bootcamp/sejenisnya di OS mac.

Berhubung yang nanya gak 1-2 orang, saya cari-cari caranya…

Install ulang pakai Flashdisk punya beberapa keuntungan dibanding install ulang pakai dvd windows,
kalo pake dvd itu rawan baret dvdnya, yg bisa memperlambat install atau bahkan macet installnya…

nah kalo pake flashdisk bisa terhindar dari itu..

Sebelumnya perlengkapan perang yg dibutuhin:

* Flash disk min 4Gb / Di atasnya (soalnya windows 7 butuh 3Gb ke atas)
* DVD Windows
* Software pendukung
* Komputer/Laptop yg udah terinstall windows => bikin flashdisknya bootable pake ini..

Berikut ini ada beberapa cara bikin flashdisk jadi bootable, sehingga bisa dipake utk install ulang windows..

Ada 2 cara menginstall windows 7 pake FlashDisk, bisa cara manual atau otomatis..

Cara pertama yaitu, cara manual:

1. Colok Flaskdisk anda ke komputer
(yang kapasitas 4gb / ke atas, di screen shoot di atas saya
pake flashdisk 8Gb(Disk 2))

2. Pencet Tombol WIN+R, ketik cmd, setelah itu klik OK.

3. Ketik diskpart kemudian tekan ENTER.

4. Ketik list disk, kemudian ENTER. Pilihlah yang mana flash disk anda ,
hati2 jangan salah pilih karena jika salah yg ke format adalah disk yang lain.
Hardisk saya Ada 2, jadi Disk 0 sama disk 1 itu hardisknya, yang flash
disk berarti yang Disk 2…. (Kalo hardisk anda ada 1 , biasanya hardisknya
adalah disk 0 dan usb flash disknya Disk 1)

5. Ketik select disk 2 kemudian tekan ENTER.

6. Ketik clean kemudian tekan ENTER.

7. Ketik create partition primary kemudian ENTER.

8. Ketik select partition 2 dkemudian ENTER

9. Ketik active kemudian ENTER.

10. Ketik format fs=fat32 kemudian ENTER

11. Ketik assign kemudian ENTER

12. Ketik exit kemudian ENTER.

13. Selanjutnya masukin disk DVD windows 7 ,
kemudian copy seluruh file dalam dvd ke USB Flaskdisk anda.

14. Setting netbook/komputer yg mau diinstall windows pake flashdisk di
biosnya. Settingannya pastikan bootnya melalui USB flashdik…

15. Colok flash disk ke netbook… Restart netbook… kalau langkahnya bener,
proses instalasi windows seharusnya berjalan melalui Flash disk..

Screen shoot Setting bottingnya

Cara kedua Cara Otomatis.

Yang ini lebih gampang, gak pake ribet, bisa pake software WinToFlash, software ini akan bekerja seperti langkah-langkah manual yg di atas, yang diperluin hanyalah njalanin programnya, pilih sumber windows 7 dan arah USB flashdisk.

1. Download program WinToFlash versi terbaru.. bisa download di SINI

2. Terus Ekstrak kemudian jalankan file WinToFlash.exe

3. Klik tombol �Check� kemudian mulailah proses Windows setup transfer
wizard.

4. Lalu Klik �Next�

5. Lalu Pilih lokasi file Windows 7 dan lokasi USB Flaskdisk anda. klik �Next�.

6. Lalu Pilih �I Accepted the terms of the license agreement� & klik �Continue�

7. Lalu Klik OK untuk memulai memformat USB Flashdisk kemudian file-file
windows 7 secara otomatis akan dimasukkan ke USB Flashdisk.

8. Lalu Klik �Next� , jika telah selesai pengopian, maka bootinglah komputer
anda melalui USB Flashdisk tadi. apabila langkah2nya betul, maka proses
instalasi windows seharusnya berjalan melalui USB Flashdisk.

Cara lain jika ingin install Windows 7 bisa pake tools Windows7 USB/DVD Download tools.

Sesudah Download dan install , setelah itu jalankan programnya, pada langkah ke-1 pilih lokasi file .iso windows7 anda,
lalu langkah ke-2 pilih mau di install ke usb flashdisk atau bakar ke DVD disk.

Windows7 USB/DVD Download tools dapat di download di SINI

Software lain serupa, Setup from USB

yang dapat di download di SINI

Untuk Test apakah usb flash disk untuk booting windows kita berhasil atau tidak dapat menggunakan program/tools MobaliveCD

yang dapat di download di SINI

dari berbagai sumber..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar